RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah…
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas /
Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Standar Kompetensi
·
Memahami
keutamaan shalat dan hikmahnya.
II.
Kompetensi Dasar
·
Menjelaskan
keutamaan dan hikmah shalat.
III.
Indikator
·
Menjelaskan
keutamaan shalat.
·
Mejelaskan
hikmah rukun qalbiyah, qauliyah, fi’liyah dan gerakan dalam shalat.
·
Menjelaskan
hikmah shalat fardhu dan dalilnya.
·
Menjelaskan
hikmah shalat jum’at dan dalilnya.
·
Menjelaskan
hikmah shalat sunnat dan dalilnya.
IV.
Karakter yang diharapkan
·
Bersikap
religious
·
Disiplin
·
Rajin
dan sabar
·
Bertanggung
jawab
·
Menjalin
ukhuwah islamiyah
V.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa/i
mampu menjelaskan keutamaan shalat.
·
Siswa/i
mampu menyebutkan hikmah-hikmah rukun-rukun dan gerakan dalam shalat.
·
Siwa/i
mampu menyebutkan dan menjelaskan hikmah-hikmah shalat fardhu, shalat jum’at
dan shalat sunnah.
VI.
Materi Pembelajaran
·
Keutamaan
shalat secara umum
·
Hikmah
rukun dan gerakan dalam shalat
·
Hikmah
shalat fardhu, shalat jum’at dan shalat sunnah.
VII.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Penugasan
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
·
Guru
membuka pelajaran dengan basmalah dan membaca doa belajar bersama siswa.
·
Guru
memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran serta mengabsensi kehadiran
siswa.
·
Guru
mengadakan apersepsi, sebagai penggalian awal pengetahuan siswa terhadap materi
yang akan diajarkan, dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru
memotivasi siswa agar lebih rajin lagi dalam melaksanakan ibadah shalat.
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
membagi siswa atas beberapa kelompok.
2.
Kegiatan Inti (70 menit)
·
Guru
menjelaskan poin-poin yang akan dipelajari.
·
Guru
menugaskan siswa berdiskusi tentang
keumatan dan hikmah shalat.
·
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi.
·
Siswa
terlibat dalam diskusi singkat / tanya jawab dengan guru mengenai materi yang
sedang diajarkan.
·
Guru
menjelaskan lebih luas dari materi yang dipelajari.
3.
Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
dan siswa sama-sama mengambil kesimpulan mengenai materi yang diajarkan.
·
Siswa
mencatat point-point penting mengenai materi yang sudah diajarkan.
·
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
IX.
Sumber Pembelajaran
·
Al-Qur’an
dan terjemahannya.
·
Buku
fiqih kelas x
·
Buku
ilmu fiqih kelas x
·
Buku
PAI kelas x
X.
Penilaian / Evaluasi
·
Teknik : Tulisan dan lisan
·
Bentuk : essay dan pengamatan guru dalam
pembelajaran.
·
Contoh
instrument
1.
Sebutkan
lima keutamaan shalat yang kamu ketahui!
2.
Tuliskan
dalil beserta artinya yang menjelaskan shalat itu dapat menumbuhkan sikap
mental yang kuat dan sabar!
3.
Jelaskan
beberapa hikmah shalat fardhu, shlat jum’at dan shalat sunnat!
4.
Mengapa
salah satu hikmah shalat itu dapat
meningkatkan kesabaran? Jelaskan!
5.
Salah
satu gerakan shalat adalah rukuk, jelaskan apa hikmah dari gerakan rukuk dalam
shalat dari segi kesehatan!
·
Jawaban
instrument
No
|
Jawaban
|
skor
|
1.
|
Lima keutamaan shalat yang saya ketahui, yaitu:
a.
Shalat
adalah ibadah badaniah pertama yang disyariatkan.
b.
Shalat
adalah tiang agama yang menjadi syarat utama untuk tegaknya agama.
c.
Shalat
adalah ibadah yang tidak ada perwakilan, dalam keadaan apapun shalat wajib
dilaksanakan.
d.
Shalat
adalah ibadah kunci nanti diakhirat.
e.
Ibadah
sujud dalam shalat merupakan puncak dari pengabdian dan penghambaan diri
seorang makhluk terhadap Khaliknya.
|
4
2
4
|
|
Jumlah
|
10
|
2.
|
Dalil yang menjelaskan shalat itu dapat menumbuhkan sikap mental
yang kuat dan sabar adalah :
(#qãZÏètFó$#ur Îö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 $pk¨XÎ)ur îouÎ7s3s9 wÎ) n?tã tûüÏèϱ»sø:$# ÇÍÎÈ
“Jadikanlah
sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu
sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'”. (Al-Baqarah : 45)
|
20
10
|
|
Jumlah
|
30
|
3.
|
Hikmah shalat
fardhu, shalat jum’at, dan shalat sunnat
a.
Hikmah shalat fardhu:
a)
Shalat
itu dapat mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar, karena orang yang
shalat dengan khusyuk itu dia dekat dengan Allah dan merasa selalu ada yang
awasi setiap perbuatannya.
b)
Membina
kehidupan yang suci dan bersi, karena setiap muslim yang hendak melaksanakan
shalatdiingatkan dengan bersuci dari kotoran,najis dan hadas.
c)
Dapat
terhindar dari gangguan kejiwaan, karena ia tidak mudah putus asa dan ada
tempat pengaduan atau tempat pencurahaan isi hati yaitu Allah, dengan begitu
dia akan mendapat ketenangan.
b.
Hikmah shalat jum’at:
a)
Dapat
meningkatkan ukhuwah islamiyah antara sesama muslim, ketika shalat jum’at
umat muslim datang dari berbagai kalangan
dan status sosial, dan disini tidak ada perbedaan status sosial.
b)
Menunjukkan
persamaan derajat diantara kaum muslimin dihadapan Allah, tidak ada yang
lebih antara satu dengan yang lain kecuali orang yang bertaqwa.
c)
Menambah
ilmu pengetahuan melalui khutbah jum’at.
c.
Hikmah shalat sunnat:
a)
Mendapat
pahala yang berlipat ganda, karena disamping melakukan shalat wajib juga
melakukan shalat sunnat.
b)
Dapat
dijadikan sebagai sarana berdoa dan memohon pertolongan, mudah rezeki dan
ampunan kepada Allah SWT.
c)
Meningkatkan
rasa syukur dan keimanan kepada Allah.
|
7
7
6
|
|
Jumlah
|
20
|
4.
|
Shalat dapat
meningkatkan kesabaran karena seseorang yang selalu melaksanakan shalat
dengan khusyuk, hati menjadi tenang,
Dan emosinya terkontrol, dan tabah dalam
menghadapi cobaan, karena hatinya selalu dibasahi dengan zikir kepada Allah.
|
10
10
|
|
Jumlah
|
20
|
5.
|
Hikmah
gerakan rukuk dari segi kesehatan adalah ketika melakukan rukuk yang sempurna
ditandai dengan tulang belakang yang lurus posisi kepala dengan tulang
belakang, pada posisi ini jantung sejajar dengan otan maka aliran darah
maksimal pada tubuh bagian tengah,
Kemudian
tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi relaksasi otot bahu hungga kebawah,
dan dengan rukuk juga sebagai latihan kemih untuk menjaga gangguan prostat.
|
10
10
|
|
Jumlah
|
20
|
|
Total
|
100
|
Mengetahui
Banda
Aceh, 17 Mater 2013
Dosen
pembimbing Mengetahui
_________________ __________________
MUSAWAF
No comments:
Post a Comment