RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : Madrasah Aliyah…
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas /
Semester : X / 20
Alokasi Waktu :
1x 20 menit
I.
Standar Kompetensi
·
Memahami
sifat-sifat tercela dalam Islam
II.
Kompetensi Dasar
·
Memahami
sifat tercela namimah.
III.
Indikator
·
Mendefinisikan
pengertian sifat namimah.
·
Mejelaskan
penyebab timbulnya sifat namimah..
·
Menjelaskan
dalil tentang sifat namimah.
·
Memberikan
contoh sifat namimah.
·
Menjelaskan
akibat buruk dari sifat namimah.
·
Menjelaskan
cara menghindari sifat namimah.
IV.
Karakter yang diharapkan
·
Jujur
·
pemaaf
·
Sabar
·
Bertanggung
jawab
·
Husnuzzan
V.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa/i
mampu mendefinisikan pengertian sifat namimah.
·
Siswa/i
mampu menjelaskan penyebab sifat namimah dan dalilnya .
·
Siwa/i
mampu menjelaskan akibat buruk dari sifat namimah beserta contohnya.
·
Siswa/i
mampu menjelaskan cara menhindari dari sifat namimah.
VI.
Materi Pembelajaran
·
Pengertian
sifat namimah.
·
Penyebab
timbulnya sifat namimah dan dalil tentang sifat namimah.
·
Akibat
buruk dari sifat namimah beserta cohtohnya.
·
Cara
menghindari dari sifat namimah.
VII.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
kelompok
·
Tanya
jawab
·
Penugasan
VIII.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
·
Guru
membuka pelajaran dengan basmalah dan membaca doa belajar bersama siswa.
·
Guru
memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran serta mengabsensi kehadiran
siswa.
·
Guru
mengadakan apersepsi, sebagai penggalian awal pengetahuan siswa terhadap materi
yang akan diajarkan, dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
·
Guru
memotivasi siswa agar menjauhi dari sifat namimah.
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
membagi siswa atas beberapa kelompok.
2.
Kegiatan Inti
·
Guru
menjelaskan poin-poin yang akan dipelajari.
·
Guru
menugaskan siswa berdiskusi tentang
sifat namimah.
·
Guru
memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi.
·
Siswa
terlibat dalam diskusi singkat / tanya jawab dengan guru mengenai materi yang
sedang diajarkan.
·
Guru
menjelaskan lebih luas dari materi yang dipelajari.
3.
Kegiatan akhir
·
Guru
dan siswa sama-sama mengambil kesimpulan mengenai materi yang diajarkan.
·
Siswa
mencatat point-point penting mengenai materi yang sudah diajarkan.
·
Guru
menutup pelajaran dengan salam.
IX.
Media Pembelajaran
·
Buku
paket
·
Papan
tulis
·
Karton
X.
Sumber Pembelajaran
·
Al-Qur’an
dan terjemahannya.
·
Ahmad
Adib Al-Arif, Akidah Akhlak MTs kelas VIII, Semarang: Aneka Ilmu, 2009.
·
Thoyib
Sah Saputra, Wahyudin, Aqidah Akhlak Madrasah Aliya Kelas X, Semarang:
PT.Karya Toha Putra, 2002.
·
Said
bin Ali Al-Qahthani, Ya Rabbi Selamatkan Lisanku, Solo: Aqwam, 2008.
XI.
Penilaian / Evaluasi
·
Teknik : Tulisan dan lisan
·
Bentuk : essay dan pengamatan guru dalam
pembelajaran.
·
Contoh
instrument
1.
Apa
yang dimaksud dengan sifat namimah?
2.
Tuliskan
dalil beserta artinya yang menjelaskan sifat namimah!
3.
Jelaskan
penyebab timbulnya sifat namimah pada seseorang beserta contohnya!
4.
Bagaimana
akibat buruk dari sifat namimah?
5.
Sebutka
3 cara untuk menghindari dari sifat namimah!
·
Jawaban
instrument
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Yang dimaksud dengan sifat namimah secara bahasa adalah adu
domba.
Namimah menurut istilah adalah memindahkan ucapan seseorang ke
orang lain,
dengan maksud untuk merusak hubungan antara kedua pihak
|
3
3
4
|
|
Jumlah
|
10
|
2.
|
Dalil yang menjelaskan tentang sifat adu domba adalah :
wur ôìÏÜè? ¨@ä. 7$xym AûüÎg¨B ÇÊÉÈ :$£Jyd ¥ä!$¤±¨B 5OÏJoYÎ/ ÇÊÊÈ 8í$¨Z¨B Îöyù=Ïj9 >tG÷èãB AOÏOr& ÇÊËÈ
“ Dan janganlah kamu ikuti Setiap orang yang banyak bersumpah
lagi hina, Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah, Yang banyak
menghalangi perbuatan baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa”,
(Al-Qalam:10-12).
|
20
10
|
|
Jumlah
|
30
|
3.
mima
|
Penyebab timbulnya sifat namimah adalah karena adanya
ketidaksukaan terhadap seseorang, kedekatan kepada orang yang bercerita kepadanya,
keinginan untuk menyalakan api permusuhan, menggelorakan fitnah,
memecahbelahkan masyarakat, serta menanamkan benih kebencian dihati para
manusia.
Contohnya:
Tawuran antar sekolah,akibat dari kesalah pahaman atau temakan
hasutan orang, perkelahian antara
kampong dan lain-lain.
|
15
10
|
|
Jumlah
|
25
|
4.
|
Akibat buruk dari sifat namimah adalah akan mengakibatkan
permusuhan antara sesama manusia,
terjadinya pertumpahan darah karena salah paham sehingga membakar
emosi yang tinggi, dan akan menghancurka hubungan persaudaraan anatara sesama.
|
8
12
|
|
Jumlah
|
20
|
5.
|
Cara menghindari diri dari sifat namimah adalah:
1.
Tidak
membenarkan atau mempercayai apa yang disampaikan kepadanya sebelum adanya
kejelasan dari suatu berita.
2.
Melarang
perbuatan itu serta memberinya nasihat dan menerangkan kepadanya bahwa
perbuatan itu tidak baik,
3.
Membencinya
karena Allah dan jangan berprasangka buruk terhadap apa yang disampaikan.
|
5
5
5
|
|
Jumlah
|
15
|
|
Total
|
100
|
Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0-100 adalah:
FORMAT PENILAIAN SIKAP DALAM PENGAMATN SEHARI-HARI
No
|
Nama
|
Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
|
|
Bertanggung
jawab
|
jujur
|
Sabar
|
Kerja sama
|
Rajin belajar
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Banda
Aceh, 20 April 2013
Dosen
pembimbing Mengetahui
____________ ______________
MUSAWAF
No comments:
Post a Comment