Friday, February 20, 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIQH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah           : Madrasah Aliyah…
Mata Pelajaran          : Fiqih
Kelas / Semester        : X / 2
Alokasi Waktu           :  1x 20 menit

       I.            Standar Kompetensi
·         Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah.

    II.            Kompetensi Dasar
·         Memahami tata cara haji dan umrah

 III.            Indikator
·         Mendefinisikan pengertian haji dan umrah.
·         Mejelaskan rukun dan syarat haji dan umrah.
·         Menjelaskan dalil tentang haji dan umrah.
·         Menjelaskan tata cara pelaksanaan haji dan umrah.
·         Menjelaskan hikmah haji dan umrah.
·         Mensimulasikan ibadah haji.

 IV.            Karakter yang diharapkan
·         Jujur
·         Percaya diri
·         Sabar
·         Bertanggung jawab
·         Memiliki rasa sosial yang tinggi.
    V.            Tujuan Pembelajaran
·         Siswa/i mampu mendefinisikan pengertian haji dan umrah.
·         Siswa/i mampu menjelaskan rukun dan syarat haji dan umrah.
·         Siwa/i mampu menjelaskan dalil tentang haji dan umrah.
·         Siswa/i mampu menjelaskan tata cara pelaksanaan haji dan umrah.
·         Siswa/i mampu menjelaskan hikmah haji dan umrah.
·         Siswa/i mampu mensimulasikan ibadah haji.

 VI.            Materi Pembelajaran
·         Pengertian haji dan umrah.
·         Rukun dan syarat haji dan umrah.
·         Menjelaskan dalil tentang haji dan umrah.
·         Menjelaskan tata cara pelaksanaan haji dan umrah dan menstimulasikannya.

VII.            Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi kelompok
·         Tanya jawab
·         Simulasi

VIII.            Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
·         Guru membuka pelajaran dengan basmalah dan membaca doa belajar bersama siswa.
·         Guru memeriksa kesiapan siswa untuk mengikuti pelajaran.
·         Guru mengadakan apersepsi, sebagai penggalian awal pengetahuan siswa terhadap materi yang akan diajarkan, dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
·         Guru memotivasi siswa tetap semangat belajar.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.


2.      Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·         Guru menjelaskan pengertian haji dan umrah.
·         Guru melibatkan peserta didik mencari informasi atau membaca buku dan Al-quran tentang materi yang sedang dipelajari.
b.      Elaborasi
·         Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan tentang materi haji dan umrah.
·         Guru memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi.
c.       Konfirmasi
·         Siswa diberi kesempatan untuk memberi masukan, tanggapan ataupun pertanyaan kepada masing-masing kelompok.
·         Siswa terlibat dalam diskusi singkat / tanya jawab mengenai materi yang sedang diajarkan.
·         Guru menjelaskan kembali dari materi yang dipelajari yang kurang tepat.
3.      Kegiatan akhir
·         Guru dan siswa sama-sama mengambil kesimpulan mengenai materi yang telah  diajarkan.
·         Guru mengevaluasi dan merefleksi siswa untuk mengetahui hasil belajar yang di capai. Dan melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisiten.
·         Guru menutup pelajaran dengan salam.

 IX.            Media Pembelajaran
·         Buku paket
·         Papan tulis
·         Karton
·         Gambar-gambar tentang haji.

    X.            Sumber Pembelajaran
·         Al-Qur’an dan terjemahannya.
·         Alfaqir Muhammad Nasution, Pelajaran Ilmu Fiqih kelas X, Medan: Yayasan Hajjah Rahmah Nasution, 2007.
·         Syamsuri, Pendidikan Agama Islam SMA X, Jakarta: Erlangga, 2004.
·         Sulaiman Rasyid, Fiqh Islam, Cet ke-50, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2011.

 XI.            Penilaian / Evaluasi
·         Teknik          : Tulisan dan lisan
·         Bentuk         : essay dan pengamatan guru dalam pembelajaran.
·         Contoh instrument
1.      Apa yang dimaksud dengan haji dan umrah?
2.      Sebutkan rukuk-rukun dan syarat haji?
3.      Tuliskan dalil beserta artinya yang menjelaskan haji dan umrah!
4.      Jelaskan perbedaan haji dan umrah!
5.      Jelaskan 3 hikmah haji dan umrah!

·         Jawaban instrument
No
Jawaban
Skor
1.       
Haji menurut bahasa adalah pegi ketempat yang mulia. Haji menurut istilah adalah mengunjungi ka’bah dengan niat beribadah pada waktu tertentu dan dengan syarat-syarat tertentu.

Umrah menurut bahasa adalah ziarah. Umrah menurut istilah adalah pergi ziarah ke ka’bah untuk melaksanakan tawaf, sa’i, dan tahlul dengan syarat tertentu.


7,5



7,5

Jumlah
15
2.       
·         Rukun-rukun haji:
o   Ihram
o   Wukuf
o   Thawaf
o   Sa’i
o   Tahlul
o   Tertib
·         Syarat-syarat wajib haji
o   Islam
o   Baligh
o   Berakal sehat
o   Kuasa / mampu




7,5




7,5

Jumlah
15
3.      mima
Dalil yang menjelaskan tentang haji adalah :
¬!ur n?tã Ĩ$¨Z9$# kÏm ÏMøt7ø9$# Ç`tB tí$sÜtGó$# Ïmøs9Î) WxÎ6y 4 `tBur txÿx. ¨bÎ*sù ©!$# ;ÓÍ_xî Ç`tã tûüÏJn=»yèø9$# ÇÒÐÈ  
“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. (Al-Imrann :97).

Dalil tentang umrah adalah:
(#qJÏ?r&ur ¢kptø:$# not÷Kãèø9$#ur ¬! 4
“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan 'umrah karena Allah…” (Al-Baqarah :196)


15




5






5

5

Jumlah
30
4.       
Perbedaan haji dan umrah
·         Haji,
ü  Dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan.
ü  Ketika haji harus juga umrah.
ü  Tempatnya Makkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina.
·         Sedangkan umrah
ü  Boleh dilaksanakan kapan saja.
ü  Umrah tidak mesti sama-sama dengan haji.
ü  Tempatnya Makkah saja.

10





10

Jumlah
20
5.       
Hikmah haji dan umrah adalah:
1.      Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Karena kunjungan ke Ka’bah dan berbagai kegiatan haji / umrah lainnya mengingatkan umat Islam pada kebesaran Allah dan perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad s.a.w. dalam menegakkan agama Allah.
2.      Membentuk pribadi yang memiliki kasih saying kepada anak-anaknya dan berbakti kepada orang tua. Yaitu ketika melaksanakan sa’i antara bukit safa dan marwah 7 kali mengingat kan kita oada kisa Siti Hajar (ibu Nabi Imail).
3.      Untuk membentengi diri dari tipu daya syetan. Ketika melempar jamarah, mengingatkan kepada perjuangan Nabi Ibrahim ketika mau melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih putranya Ismail.

7





7



8

Jumlah
20

Total
100

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah:
FORMAT PENILAIAN SIKAP DALAM PENGAMATAN SEHARI-HARI
NAMA           :
KELAS          :
PEL                :
No
Perilaku
Nilai
Jumlah
Keterangan


A
B
C
D


1.
Bertanggung jawab






2.
Kerja sama







3.
Kreatif







4.
Sabar







5.
Rajin belajar







Keterangan:
A (4)    : Sangat baik
B (3)    : Baik
C (2)    : Cukup
D (1)    : Kurang baik

Mengetahui                                             Banda Aceh, ............  20..
Dosen pembimbing                                 Mengetahui




_________________                              ___________________

MUSAWAF

No comments:

Post a Comment