Friday, February 20, 2015

Keutamaan Shalat

KEUTAMAAN DAN HIKMAH SHALAT

            Sahalat  menurut bahasa adalah doa, sedangkan menurut istilah adalah suatu ibadah yang terdiri dari perkataan, perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam dengan memenuhi sayart-syarat yang telah ditetapkan oleh syara’.
·        Keutamaan Shalat.
a.       Shalat adalah ibadah badaniah pertama yang disyariatkan.
b.      Shalat adalah tiang agama yang menjadi syarat utama untuk tegaknya agama.
c.       Shalat adalah bukti formal keislaman seseorang.
d.      Shalat adalah ibadah satu-satunya ibadah yang diterima melalui isra’ mi’raj dan langsung dari Allah.
e.       Shalat adalah ibadah yang tidak adanya kompromi dan perwakilan dalam keadaan apapun shalat wajib dilaksanakan, berbeda dengan ibadah lain seperti puasa ada kebolehan tidak berpuasa bagi orang musafir, sakit, atau lainnya, tetapi wajib mengkadhanya, dan ibadah haji tidak wajib bagi yang tidak mampu.
f.       Shalat adalah ibadah kunci nanti diakhirat.
g.      Ibadah sujud dalam shalat merupakan puncak dari pengabdian dan penghambaan diri seorang makhluk terhadap Khaliknya.


2.      Hikmah gerakan shalat
·         Mengangkat tangan ketika takbiratulihram, ini menunjukkan penghormatan dan tanda pernyataan bahwa dirinya telah memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah shalat. Dan gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening, dan melatih otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu mengalami peregangan sehingga aliran darah kaya oksigen akan menjadi lancer.
·         Berdiri tegak menjadi symbol lurusnya perjuangan, lurusnya kehidupan jalan yang dilalui.
·        Rukuk, rukuk ini dilakukan setelah berdiri tegak, ini menunjukkan bahwa setiap perjalanan hidup manusia mengalami perubahan sesuai dengan masa-masa tertentu ada kalanya kuat dan ada kalanya lemah. Dalam ilmu kesehatan posisi melakukan rukuk yang sempurna ditandai dengan tulang belakang yang lurus posisi kepala dengan tulang belakang, pada posisi ini jantung sejajar dengan otak maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah, tangan yang bertumpu pada lutut berfungsi relaksasi otot bahu hingga kebawah, dan dengan rukuk juga sebagai latihan kemih untuk menjaga gangguan prostat.
·        I’tidal menunjukkan bahwa kehidupan dalam dunia, setiap orang akan mengalami jatuh bangun, kadang mendapat kemenangan, keuntungan, dan kadang menerima kerugian ataupun kegagalan. Sebagaimana firman Allah:
¨bÎ) yìtB ÎŽô£ãèø9$# #ZŽô£ç ÇÏÈ  
Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.( Alam Nasyrah : 6)
·        Sujud menggambarkan kehidupan manusia setelah mengalami proses jatuh bangun dalam kehidupannya, manusia pada akhirnya akan kembali ketanah dan jasadnya menyatu padu bersamanya, tanah yang sehari-hari kita injak harus dicium dan diratakan dengan kepala ketika sujud agar manusia selalu ingat bahwa hidup ada batasnya. Menurut ilmu kesehatan sujud itu sangat bagus karena posisi jantung lebih tinggi dari pada otak, ini akan melancarkan peredaran darah ke otak, dengan demikian akan membuahkan cara berfikir yang cerdas, positif, sehingga semua aktifitas diluar shalat dijalankan dengan baik.
·        Tumakninah, artinya diam dan tenang, maka segala sesuatu harus dikerjakan dengan tenang, tekun dan ulet. Mengerjakan sesuatu dengan tenang dan ulet akan mendapat hasil yang baik. Sebagaimana sabda Rasulullah :”Sikap tergesa-gesa itu datangnya dari syetan dan sikap tenang itu datang dari Allah”. (H.R. Ahmad).
·        Duduk tasyahud, duduk bersimpuh dengan menundukkan kepala merupakan simbol kepasrahan yang utuh atas segenap jiwa raga seorang hamba kepada sang Pencipta.
Dari segi kesehatan duduk tasyahud itu dapat menanggulangi penyakit kaki leter yang biasanya menyebabkan tidak tahan berdiri atau berjalan.
·        Menoleh kepala ketika salam, ketika salam hendaknya menengokkan kepala kekiri dan kanan, ini mengambarkan seorang muslim harus menebarkan keselamatan, kedamaian dan kasih sayang kepada semua orang tanpa pilih kasih. Dalam ilmu kesehatan dengan salam yaitu memutar kepala kekiri dan kekanan dapat merelaksasi otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah ke kepala.
Rasulullah bersabda:
    أَفْشُوْا السَّلاَمَ لِأَنَّ فِيْهِ بَرَكَاتٍ عِنْدَ اللّهِ (رواه البيهقى).
        Artinya:
           “Tebarkanlah salam (kedamaian) karena sesungguhnya dalam kedamaian itu terdapat   berkah dari Allah SWT”. (H.R. Baihaqi).
Hadits diatas menjelaskan hikmah dari salam yaitu menganjurkan kepada kita untuk menebarkan salam dan kedamaian terhadap sesama muslim, sebab dalam salam itu tedapat berkah dari Allah SWT.




 DAMSALASKA 
 

No comments:

Post a Comment